RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Sekolah Dasar …..
Kelas/Semester : V (lima) / I
Tema :
Ekosistem
Subtema :
Komponen Ekosistem
PB :
1
Alokasi waktu : 4 x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3. Memahami pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara
mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis,
logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap
perkembangannya.
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
3.7 Menguraikan konsep konsep yang saling
berkaitan pada teks nonfiksi.
IPA
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen
ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Bahasa
Indonesia
3.7.1
Menjelaskan
pengertian pikiran utama dan informasi penting.
3.7.2 Menemukan pikiran utama dari masing-masing
paragraf berdasarkan teks tersedia.
3.7.3 Menemukan informasi penting dari teks
tersedia.
IPA
3.5.1
Menjelaskan
pengertian ekosistem.
3.5.2
Menjelaskan
komponen-komponen ekosistem.
3.5.3
Menyebutkan
jenis makanan hewan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu menemukan pokok pikiran
dalam bacaan secara tepat.
2.
Dengan
menyimak penjelasan dan mencermati teks bacaan, siswa mampu membuat
pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan. secara tepat.
3.
Dengan
membuat bagan, siswa mampu menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
secara benar.
4.
Dengan
melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi, siswa mampu membuat teks
nonfiksi tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya secara benar.
E.
Materi
Pembelajaran
-
Contoh teks /wacana ekosistem.
-
Pengertian pokok pikiran,macam-macam paragraf.
- Jika menyusun wacana nonfiksi maka
harus membuat kerangka karangan.
-
Teks non fiksi
-
Pengertan teks nonfiksi
-
Jika teks nonfiksi dibuat maka siswa
dapat menyusun teks lain
- Langkah-langkah menyusun wacana
nonfiksi.
- Gambar ekosistem dan
jaring-jaring makanan.
- Pengertian ekosistem.
- Pengertian
jaring-jaring makanan.
- Jika ekosistem baik
maka jaring-jaring makanan akan terpenuhi dengan baik dan sebaliknya.
- Cara memelihara ekosistem dan
jaring-jaring makanan.
- Gambar jaring-jaring
makanan dalam ekosistem.
F.
Metode
Pembelajaran
1.
Tanya
jawab.
2.
Diskusi.
3.
Penugasan.
G.
Langkah-langkah pembelajaran
No
|
Jenis Kegiatan
|
Langkah-Langkah Kegiatan guru
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan
pendahuluan
|
1.
Guru menyiapkan psikis dan fisik siswa dengan
mengucap salam dan mengajak berdoa.
2.
Menanyakan pelajaran yang lalu
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini
4.
Menyampaikan tugas individu dan kelompok
5.
Meminta siswa membaca selama 10 menit
6.
Menyampaikan pentingnya kerjasama dalam kerja
kelompok
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan inti
|
1. Siswa menyimak wacana dan memberi garis bawah untuk hal-hal yang
penting.
2. Siswa menuliskan pokok pikiran pada lembar kerja tersedia..
3. Siswa berdiskusi dan menuliskan informasi penting dari bacaan.
4. Siswa mengamati gambar ekosistem.
5. Siswa menyebutkan komponen ekosistem yang ada pada gambar.
6. Siswa menyebutkan peran setiap komponen dalam ekosistem.
7. Siswa menjelaskan hubungan dalam ekosistem.
8. Siswa menyebutkan makanan dari gambar hewan yang diamati.
9. Siswa membuat kalimat Tanya berdasarkan bacaan.
10. Siswa mempresentasikan hasil kerja di depan kelas.
|
180 menit
|
3.
|
Kegiatan
penutup
|
Siswa dan guru merefleksi kegiatan yang telah
dilakukan.
Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
Kegiatan pembelajaran ditutup dengan berdoa bersama.
|
15 menit
|
H.
Media &
Sunber Belajar
1.
Buku
paket tema 5
2.
Gambar.
3.
Lembar
kerja.
I.
Penilaian
1.
Tes
tulis.
2.
Tes
unjuk kerja.
Rubrik Bahasa
Indonesia
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Skor
|
Penulisan
informasi
|
Dapat
menemukan informasi secara rinci, lengkap, dan tepat.
|
Dapat
menemukan informasi secara rinci namun kurang lengkap.
|
Informasi
tidak lengkap dan tidak rinci.
|
Tidak
dapat menemukan informasi.
|
|
Menemukan pokok pikiran
|
Dapat
menemukan semua pokok pikiran dengan tepat.
|
Ada
satu pokok pikiran yang tidak tepat.
|
Ada
2 pokok pikiran yang tidak tepat.
|
Hanya
dapat menemukan 1 pokok pikiran.
|
|
Membuat kalimat tanya
|
Dapat
membuat 5 kalimat tanya dengan lengkap dan tepat.
|
Dapat
membuat 4 kalimat tanya dengan lengkap dan tepat.
|
Dapat
membuat 3 kalimat tanya dengan lengkap dan tepat.
|
Dapat
membuat 2 kalimat tanya dengan lengkap dan tepat.
|
|
Total skor
|
Rubrik IPA
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Skor
|
Komponen ekositem
|
Dapat
menyebutkan semua komponen ekosistem dengan tepat
|
Dapat
menyebutkan semua komponen ekosistem dengan kesalahan sekitar 25%
|
Dapat
menyebutkan semua komponen ekosistem dengan kesalahan sekitar 50%
|
Tidak
dapat menyebutkan semua komponen ekosistem dengan tepat
|
|
Penampilan presentasi
|
Percaya
diri dan dapat bekerja sama dengan baik
|
Kurang
percaya diri namun dapat bekerja sama dengan baik
|
Percaya
diri namun tidak dapat bekerja sama dengan baik
|
Tidak
percaya diri dan tidak dapat bekerja sama dengan baik
|
|
Total skor
|
......,
24 Agustus 2017
Mengetahui
Ka SDN Guru
Kelas
_________________ ____________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Sekolah Dasar …..
Kelas/Semester : V (lima) / I
Tema :
Ekosistem
Subtema :
Komponen Ekosistem
PB :
2
Alokasi waktu : 6 x 35 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis,
logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap
perkembangannya.
B. Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
3.7 Menguraikan konsep konsep yang saling
berkaitan pada teks nonfiksi.
IPA
3.5 Menganalisis hubungan antar komponen
ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
SBdP
3.2
Memahami tangga nada
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa
Indonesia
3.7.4
Menyebutkan macam-macam paragraf.
3.7.5
Mengidentifikasi
pokok pikiran dalam bacaan.
3.7.6
Menjelaskan
isi informasi dalam bacaan.
3.7.7
Membuat
teks nonfiksi tentang hewan peliharaannya secara benar.
IPA
3.5.4
Menjelaskan
penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
3.5.5
Menjelaskan
perbedaan penggolongan hewan berdasarkan makanannya
3.5.6
Membuat
penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
SBdP
3.2.1
Menyebutkan
tujuh not dalam skala diatonik.
3.2.2
Membaca
nada pada lagu “Cicak-cicak di Dinding”.
3.2.3
Menjelaskan
pengertian tangga nada.
3.2.4
Menyebutkan
ciri-ciri tangga nada mayor.
3.2.5
Menyebutkan
ciri-ciri tangga nada minor.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu menemukan pokok pikiran
dalam bacaan secara tepat.
2.
Dengan
mencermati teks bacaan, siswa mampu membuat pertanyaan-pertanyaan sehubungan
dengan bacaan secara tepat.
3.
Dengan
berdiskusi dan mencari informasi dalam kelompok, siswa mampu melengkapi bagan
dengan klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya secara benar.
4.
Dengan
melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi, siswa mampu membuat teks
nonfiksi tentang hewan pilihannya dilihat dari jenis makanannya secara benar.
5.
Dengan
menyanyikan lagu bertemakan hewan, siswa mampu mengenal perbedaan tangga nada
mayor dan minor secara benar.
E. Materi Pembelajaran
Bahasa
Indonesia
Contoh teks /wacana ekosistem.
Pengertian pokok pikiran, macam-macam paragraf.
Jika menyusun wacana nonfiksi maka harus membuat kerangka karangan.
IPA
- Gambar
ekosistem dan jaring-jaring makanan.
- Pengertian
ekosistem.
- Pengertian
jaring-jaring makanan.
- Jika ekosistem
baik maka jaring-jaring makanan akan terpenuhi dengan baik dan sebaliknya.
- Cara memelihara ekosistem dan
jaring-jaring makanan.
F. Metode Pembelajaran
1.
Diskusi.
2.
Penugasan.
3.
Tanya
jawab.
G. Langkah-langkah pembelajaran
No
|
Jenis Kegiatan
|
Langkah-Langkah Kegiatan guru
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan
pendahuluan
|
1.
Guru menyiapkan psikis dan fisik siswa dengan
mengucap salam dan mengajak berdoa.
2.
Menanyakan pelajaran yang lalu.
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
4.
Menyampaikan tugas individu dan kelompok.
5.
Meminta siswa membaca selama 10 menit.
6.
Menyampaikan pentingnya disiplin dan tanggung
jawab dalam kerja kelompok.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan inti
|
1. Siswa menyimak
wacana nonfiksi dengan membaca teks nonfiksi.
2. Siswa membuat
garis besar isi teks dengan menggaris bawahi pokok pikiran yang ada
dalam teks nonfiksi.
3. Siswa menentukan
pokok pikran paragraf.
4. Siswa merinci
isi wacana nonfiksi.
5. Siswa menceritakan
kembali teks nonfiksi dengan bahasa sendiri.
6. Siswa
mengamati gambar ekosistem dan jaring-jaring makanan.
7. Siswa
mengelompokkan peran komponen dalam ekosistem.
8. Siswa
menjelaskan hubungan dalam ekosistem dan jaring-jaring makanan.
9. Siswa
mengamati potongan gambar yang diberikan guru.
10. Siswa
menyusun potongan gambar menjadi gambar yang sesuai dengan jaring-jaring
makan dalam ekosistem (guru memberi potongan gambar di bawah ini)
11. Siswa dapat menjelaskan tanda panah sebagai proses makan dimakan, dan
mengetahui jaring-jaring makanan.
12. Siswa
membaca not lagu yang disajikan “Cicak-cicak
di Dinding”.
13. Siswa
menjelaskan pengertian tangga nada.
14. Siswa menyebutkan
ciri-ciri tangga nada mayor dan minor.
15. Siswa
membaca nada dalam sebuah lagu.
16. Siswa
menyanyikan sebuah lagu dengan menggunakan nada.
|
180 menit
|
3.
|
Kegiatan
penutup
|
Siswa dan guru merefleksi kegiatan yang telah
dilakukan.
Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
Kegiatan penutup diakhiri dengan berdoa bersama yang
dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
H. Media & Sumber Belajar
1.
Buku
siswa tema 5
2.
Buku
guru tema 5
3.
Gambar
jaring makanan
4.
Buku
lagu anak
5.
Partitur
lagu “Cicak-cicak di Dinding”.
I. Penilaian
1.
Tes
tulis.
2.
Tes
unjuk kerja.
Rubrik Bahasa
Indonesia
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Skor
|
Penulisan
informasi
|
Dapat
menemukan informasi secara rinci, lengkap, dan tepat.
|
Dapat
menemukan informasi secara rinci namun kurang lengkap.
|
Informasi
tidak lengkap dan tidak rinci.
|
Tidak
dapat menemukan informasi.
|
|
Menyajikan
Teks
nonfiksi
|
Teks nonfiksi
disampaikan
dengan alur yang
baik serta menarik
untuk
dibaca.
|
Teks nonfiksi
disampaikan
dengan alur yang
cukup baik di
beberapa bagian
serta cukup
menarik untuk
dibaca.
|
Teks nonfiksi
disampaikan
dengan alur
yang sedikit
membingungkan,
namun teks masih
dapat
dipahami
|
Teks nonfiksi
disampaikan
dengan alur yang
membingungkan
dan secara
keseluruhan
teks sulit untuk
dipahami.
|
|
Total skor
|
Rubrik IPA
Kriteria
|
Skor
4
|
Skor
3
|
Skor
2
|
Skor
1
|
Skor
|
Ketepatan
Pengelompokan
|
Semua kategori
berisi jenis
makanan dan
pengelompokan
yang tepat.
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
kategori jenis
makanan serta
pengelompokan
hewan.
|
Terdapat
3-4
kesalahan
dalam
kategori
jenis
makanan
serta
pengelompokan
hewan.
|
Terdapat
lebih dari 4
kesalahan dalam
kategori jenis
makanan serta
pengelompokan
hewan.
|
|
Kelengkapan
|
tabel Tabel berisi lebih
dari lima hewan
dengan jenis
makanan yang
berbeda-beda.
|
Tabel berisi
empat-lima hewan
dengan jenis
makanan yang
berbeda-beda.
|
Tabel berisi tiga
hewan dengan
jenis makanan
yang berbedabeda.
|
Tabel berisi kurang
dari tiga hewan
dengan jenis
makanan yang
berbeda-beda.
|
|
Total skor
|
......,
24 Agustus 2017
Mengetahui Ka SDN Guru
Kelas
_________________ ____________
0 komentar:
Posting Komentar